About Me

Thursday 14 February 2013

Pemodelan Graph dan Otomata

Introduction

 

Apa itu TGO ?

 
Pemodelan graph dan otomata atau yang disebut PGO atau lebih familiar dengan Teori graf dan otomata atau TGO bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dalam konteks besar atau dengan masalah tingkat kompleks dengan membuat suatu rancangan atau simulasi model. Membuat model ditujukan untuk dapat mempermudah menyelesaikan masalah dengan biaya dan resiko yang minimal. Model yang dibuat adalah berupa matematis dengan persamaan dan fungsi ataupun secara visual.

 


Bagaimana Model itu ?

Dalam pembuatan lintasan balap atau sirkuit balap tidak sembarangan dalam membuat perlu diperhatikan arah angin dan juga kondisi wilayah. Dengan mempertimbangankan aspek-aspek tersebut maka keamanan balap akan terjaga. Untuk mempermudah mengatasi masalah itu maka dilakukan miniatur lintasan dengan kontur wilayah yang sama, kemudian untuk arah angin akan diletakkan kipas angin kecil untuk menguji coba pada lintasan.

Selain itu dalam membuat peta juga menggunakan skala, hal ini juga menggunakan pemodelan. Dalam melihat wilayah tertentu hanya dibuat simbol-simbol tertentu untuk mempermudah mengerjakan suatu masalah. Pembuatan suatu jaringan komputer juga dapat dilakukan pemodelan. Kemudian dalam membuat tiang listrik juga dapat dilakukan pemodelan.Alat deteksi wajah juga menggunakan pemodelan dengan menggunakan model pohon diagram.Rencana tata ruang dan tata wilayah juga menggunakan pemodelan juga. Penyebaran wabah penyakit juga dapat dilakukan pemodelan untuk mempermudah penanganan dan antisipasi. Penyebaran penduduk sebagai prediksi penyebaran penduduk juga dapat dilakukan. Kemudian penyebaran kebakaran hutan juga dapat dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan yang lebih luas, dengan cara menghitung kelembapan udara dan arah angin. 

Ref : 


No comments:

Post a Comment