About Me

Sunday 24 February 2013

Organisasi dan Arsitektur Komputer

Organisasi Komputer



  • Organisasi dan Arsitektur Komputer

Organisasi dan Arsitektur Komputer menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu system komputer yang akan digunakan untuk merancang, menganalisis dan membandingkan beberapa jenis arsitektur computer dalam rangka mendapatkan kinerja system komputer yang tinggi. Sedangkan pengertian dari arsitektur computer adalah atribut–atribut system komputer yang terkait dengan pemrograman.Untuk pengertian dari Organisasi computer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional (hardware).



  •  Struktur Komputer


Mengatur perangkat yang tertentu (contohnya disk drive, audio device, danvideo display).


Bagian ini akan membahas struktur I/O, interupsi I/O, dan DMA, serta perbedaan dalam penanganan interupsi.


Penyimpanan dalam computer.



Dalamstorage hierarchy structure, data yang sama bias tampil dalam level berbeda dari system penyimpanan. 


Untuk meningkatkan utilisasi sistem, system operasiakan membagi system sumber daya sepanjang program secara simultan.





  • Evolusi dan generasi-generasi  computer


Generasi Pertama (1944-1959)

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas computer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal.

Generasi Kedua (1960-1964)

Transistor merupakan ciri khas computer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan“emmiter”.

Generasi Ketiga (1964-1975)

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil.

Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Microprocessor merupakan ciri khas computer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.

Generasi Kelima (Sekarang – Masadepan)

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi konduktor.

No comments:

Post a Comment